31 Januari 2011 | dibaca 299 kali

1000 People = 1000 Careers: What Matters is Your Contribution NOT Your Position

1000 People = 1000 Careers: What Matters is Your Contribution NOT Your Position

Saya paling repot kalau harus menjelaskan soal pekerjaan yang saya jalani. Apalagi kalau yang bertanya adalah dua anak saya yang superkritis, Priyanka (6 tahun ) dan Alea ( 4 tahun ). Bagi mereka, pekerjaan adalah dokter, insinyur, polisi,guru, dan segala macam jenis pekerjaan yang lazim diperkenalkan di sekolah. Saya penulis yang tidak setiap hari menulis. Saya pembicara, career coach, dan pelaku usaha kecil yang tidak terikat jadwal kerja tertentu. Saya membantu @ andysjarif dalam sebuah inisiatif digital #SITTI agar menjadi sebuah gerakan pemberdayaan bangsa - ini juga tanpa rutinitas sebagaimana jadwal kerja normal jam "9to5". Keunikan pilihan hidup yang saya jalani memang tidak mudah dipahami anak-anak saya. Konsekuensi ini saya terima saat memilih untuk menjalankan kredo, "my job is not my career".
    You can standardize jobs but careers are something else. Pekerjaan berbeda dan tidak akan pernah dapat dipersamakan dengan karier. Pekerjaan milik pemberi kerja (perusahaan), sementara karier adalah milik diri sendiri. Bagi perusahaan, pekerjaan adalah mekanisme logispencapaian tujuan organisasi. Standarisasi pekerjaan adalah hal wajar yang diperlukan untuk mempermudah koordinasi dan pengukuran kinerja. Bagi individual, pekerjaan adalah alat untuk memperoleh mata pencarian (baca: gaji). Lebih itu. pekerjaan juga bisa memberi kesempatan untuk terus tumbuh sebagai pribadi dan profesional. Karier adalah totalitas kehidupan profesional seseorang. karier hanya punya dua tujuan, :kebahagiaan dan makna". idealnya karier dijalankan sesuai dengan tuntutan passion (what you enjoy the most), purpose (what matters the most), dan values (what we believe in life ).
    Uniqueness & diversity among people are blessing for company & business. Perekonomian dunia sudah dan akan terus bergeser menuju sektor-sektor berbasiskan ilmu, teknologi, kreativitas, dan imajinasi. Kebutuhan ketenagakerjaan juga akan bergeser mengikuti pola yang sama. Keberlangsungan sebuah perusahaan tidak lagi hanya ditentukan oleh 5-7 orang direktur, tetapi oleh 100,1.000,10.000, atau sama semua karyawan.
    1000 people=1000 careers=1000 passions=REAL POWER. Keberhasilan perusahaan akan didasarkan pada kemampuan mendayagunakan keunikan, keistimewaan, dan keutamaan setiap karyawan. keberhasilan membangun 1.000 passion dan 1.000 purpose akan melahirkan kekuatan dahsyat dalam berkarya.
    What matters now is your contribution NOT your position. Setiap orang akan melalui dan berlalu dari perusahaan untuk mengejar tujuan hidup masing-masing. Ini lumrah dan wajar. Wujud loyalitas tidak tergantung pada lama bekerja, posisi dalam organisasi tidak tergatung pada lama bekerja, posisi dalam organisasi, ataupun deskripsi pekerjaan. Loyalitas paling berharga adalah kontribusi.
    Pekerjaan dan karier memang sebuah dikotomi, apa yang bisa dilakukan? Mudaha saja-Do your best in everything you do. Be happy always-you are already you! Be the #Ultimate-U. Esse quam videri!


Rene Suhardono-CareerCoach
Penulis buku: "Your Job is NOT Your Career"
Follow my twitter:@reneCC


perusahaan favorit
PARTNER
kuningan city Binus Career BNCC Vokas UI Art Hotel BART BINUS Center Biznet Dokter ID Karier Binus University Art Hotel Ungu International SOS Gandaria city Universitas Negeri Jakarta Universitas Indonesia
MEDIA PARTNER
Gramedia Majalah Koran Sindo Kompas TV O channel Kompas.com Belum Tau.com Cosmopolitan FM Trax Traxmagazine Cosmo Girl Ok Zone Kontan Kaskus Binus TV SWA Top Career Intisari Bisnis Indonesia Tribun News Provoke KTV Student Job Smart FM Info Puri Tangerang Raya Info Kebayoran Halo Jepang UMN Radio KulCart Sannews MIVO Motion FM ERA FM Malesbanget