Pilih-Pilih Topik Gosip di Kantor Agar Selalu Aman

Rabu, 6 September 2017 | 00:00 WIB
Pilih-Pilih Topik Gosip di Kantor Agar Selalu Aman

Membangun hubungan baik antar-rekan di lingkungan kerja bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan kesamaan minat dan hobi sebagai benang merah yang menguatkan keakraban tersebut. Tetapi, ini bukan berarti Anda bebas berbagi informasi dengan teman karib di kantor lho....

Pakar hukum tenaga kerja, Joydeep Hor, membeberkan sejumlah batasan topik dan isu yang sebaiknya dihindari untuk dibicarakan dengan teman di kantor. Meskipun rekan kerja tersebut terbukti bisa dipercaya, tetap saja ada hal-hal dalam hidup Anda yang tidak layak untuk diutarakan dengan rekan kerja. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Jangan membicarakan kehidupan seks dengan rekan kerja karena bisa jadi apa yang dibicarakan tersebut malah balik menyerang Anda.

2. Hindari membicarakan isu dan topik yang bermuatan gosip karena bisa saja tanpa Anda sadari, kebiasaan bergunjing di kantor dianggap modus penyebaran fitnah oleh kelompok tertentu.

3. Terlalu sering terlihat berkumpul di meja atau lokasi tertentu dengan rekan kerja lainnya dinilai sebagai kegiatan yang buang-buang waktu. Selain itu, atasan akan memandang Anda sebagai karyawan yang tidak produktif.

4. Jangan pernah menyebarkan isu atau topik apa pun yang berkaitan dengan atasan Anda. Misalnya, memberitahukan kepada orang lain bahwa atasan sering memuji kinerja Anda, atau bagaimana atasan selalu memprioritaskan kebutuhan Anda sebagai karyawan. Hal yang demikian akan menciptakan kesenjangan dan menimbulkan rasa cemburu dengan sesama rekan kerja.

5. Jika Anda menghadapi klien atau kolega yang kurang sopan kepada Anda, jangan melampiaskan kemarahan kepada rekan kerja lainnya. Sebab, sikap tersebut akan membuat rekan kerja tersinggung, lalu mulai mencari-cari kesalahan Anda dan melaporkannya kepada klien atau atasan.

6. Kala mengetahui rekan kerja melakukan kesalahan, jangan membeberkan kesalahan mereka terhadap rekan kerja lainnya, ini sama saja sedang menikam teman sendiri. Reputasi yang demikian menciptakan kesan yang buruk kepada atasan dan rekan kerja lainnya.

7. Ketika merasa sedang bahagia, seperti mendapatkan bonus yang tinggi, kenaikan gaji, atau dilamar pacar, jangan mengumbar-umbarnya di kantor. Sebab, tidak semua orang bisa menanggapinya dengan cara yang positif. Lebih baik simpan sendiri saja baru, kemudian diutarakan saat bertemu dengan keluarga atau sahabat dekat di luar lingkungan kantor.

 

Walaupun bercengkrama di kantor memang menyenangkan, namun batasan tetap diperlukan. Bergosip bisa meredakan ketegangan, membangun jejaring kerja. Bergosip dengan batasan-batasan di atas semoga bisa membantu anda untuk tetap aman dalam pergaulan profesional di kantor

 

Tim KompasKarier

Referensikan teman kamu